Senin, 11 Januari 2016

Celoteh Kala Hujan Tentang Jogja, Kota Kita


Dengan senyum ceria kau tunjukkan padaku endog abang yang barusan kamu beli dari mbah-mbah sebelah. Dulu, telur rebus yang kulitnya dicat merah kemudian ditusuk sehelai ruas bambu dengan hiasan kertas warna-warni itu biasa dibelikan orangtuaku saat kami jalan-jalan di pasar malam sekaten. Ada makna mendalam dari telur unyu yang jadi ciri khas Sekaten itu. Telur melambangkan kelahiran, merah berarti kesejahteraan, dan helai ruas bambu menggambarkan hubungan vertikal dengan Tuhan. Jadi endog abang menyimbolkan kelahiran kembali untuk masa depan yang sejahtera, berpedoman pada garis ketentuan Tuhan. Dulu, rasanya belum ke sekaten kalo ga beli endog abang. Itu dulu, kalau sekarang ya gitu deh..

Hujan masih deras mengguyur Jogja sore itu, belum tampak tanda akan reda. Kita masih berteduh di sebuah pendopo sambil ngobrol ngalor ngidul. Sepintas kulirik ke bawah, ternyata kamu pakai rok diskonan yang kemarin baru dibeli di mal. Waktu itu kamu begitu senang ketika melihat tanda diskon hingga 70% yang terpampang. Alhasil beberapa potong pakaian kau beli buat natalan besok. Enak ya, sekarang di Jogja banyak tempat belanja, banyak diskonan pula. Tempat belanjanya juga nyaman, bersih, ber-AC, ada bioskopnya juga. Hebatnya, tempat seperti ini makin banyak di Jogja bahkan sudah ada mal yang katanya terbesar se DIY-Jateng.  

Kalau ada mal terbesar se DIY-Jateng, belum lama ini juga dibuka waterpark terbesar lho. Katanya sih di sana banyak wahana permainan air menarik dan canggih. Mantab kan, padahal dulu di Jogja mana ada waterpark yang ada ya cuma kolam renang biasa. Waterpark terbesar, berarti airnya juga melimpah ruah. Kita bisa mainan air sampai kulit berkerut-kerut, sampai puas lah pokoknya. Masih katanya, sumber air mereka berasal dari PDAM jadi dapat terjaga pasokannya dan ndak ganggu persediaan air tanah sekitar. Tapi kata kawan yang tinggal di sekitar waterpark, air sumurnya makin surut padahal sudah musim hujan. Begitu pula dengan tetangganya yang lain, bahkan di beberapa dusun warga sudah beralih pake air PDAM. Entah ada pengaruh atau tidak adanya waterpark dengan surutnya sumur warga sekitar. Kalau dipikir emang lebih hemat buat pihak waterpark kalo nyedot air tanah daripada harus beli dari PDAM. Hmmm... itu kan baru kata-katanya ya, ga jelas juga. Yang pasti kita punya salah satu tempat yang bisa dibanggakan, waterpark terbesar se-ENDONESAH.     

Makasih ya coklatnya. Enak kalau jalan sama kamu, pasti bawa cemilan.. hehe. Ngomong-ngomong kamu tadi mampir ke minimarket ya. Iya sih, gampang banget sekarang nemu minimarket. Hampir tiap jalan besar ada, adep-adepan lagi antara Indomaret sama Alfamart. Dulu kalau mau jajan harus ke warung atau pasar yang ga ada di semua tempat. Selain tempatnya nyaman, di minimarket kita punya banyak pilihan barang kebutuhan sehari-hari. Bahkan bisa tiba-tiba beli barang yang ga direncanakan sebelumnya. Beda sama di warung yang kadang harus nunggu si penjaga nyari barang yang kita inginkan dan belum tentu ada juga stoknya. Kalau di pasar emang relatif murah sih, tapi kumuh, kotor dan ga buka sewaktu-waktu.

Perubahan kebutuhan konsumen mengikuti tuntutan zaman yang mengedepankan kepraktisan. Pasar tradisional yang cenderung stagnan, perlahan bisa tergilas zaman kalah bersaing dengan ritel modern. Hasil survei AC Nielsen menunjukkan pesatnya pertumbuhan ritel modern, di saat bersamaan banyak pedagang pasar gulung tikar dan pasar-pasar tradisional juga banyak yang mati. Di Jogja pun demikian, minimarket tumbuh subur perlahan menggantikan sebagian peran pasar tradisional. Tapi itu sepertinya ga masalah buat konsumen, toh adanya minimarket justru dapat memudahkan dalam berbelanja karena mudah diakses dan barang-barangnya lengkap. Kita pun semakin senang belanja, makin gampang rasanya ngabisin duit sekarang. Eh.. ada cemilan lain ga? Hujan-hujan gini bikin laper aja.              

Kamu tadi dari Bantul kan, gimana kena macet ga? Aku tadi lewat ring road selatan juga macet. Minggu ini libur panjang, Jogja jadi rame deh. Banyak kendaraan berplat nomor luar kota ikutan ngantri di lampu merah. Di beberapa ruas jalan, antrian bisa mencapai ratusan meter hingga sekilo lebih. Parah.. padahal dulu meski liburan panjang macetnya ga gini-gini amat. Kalau sekarang, di hari kerja pada jam sibuk aja macet parah. Beda banget lah sama Jogja sepuluh tahun yang lalu apalagi dua puluh tahun yang lalu kan. Dulu Jogja sangat nyaman dan sangat selo. Ah.. ternyata kita sudah tua.

2 komentar:

  1. Bis kota sudah punah, digantikan bis milik pemerintah yang ada haltenya, dengan perawatan yang dirawat cuma kalau ingat. Aksesnya juga terbatas, tidak lagi sampai ke jalan-jalan kecil. Sedih. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, dulu bis kota jadi favoritnya anak-anak sekolah. Selalu ramai pagi dan siang. Sekarang banyak yang pake kendaraan pribadi, bikin jogja tambah macet aja..

      Hapus