Rabu, 28 Januari 2015

Blusukan Nuswantara

Blusukan berasal dari kata dasar “blusuk” (bahasa Jawa) yang bisa diartikan “masuk ke dalam”. Jadi blusukan dapat diartikan secara bebas sebagai sebuah kegiatan eksplorasi suatu tempat. Blusukan biasanya dilakukan untuk mencari sesuatu yang tidak mudah ditemukan dan butuh waktu relatif lama. Misal: “Meski sudah blusukan di pasar seharian, gaplek yang dicarinya belum ketemu juga”. 

Nuswantara atau Nusantara berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Sansekerta yang dipopulerkan oleh Gajah Mada melalui Sumpah Palapanya. Kedua kata tersebut memiliki penafsiran beragam, cukup rumit, dan mendalam (susah saya mengerti). Yang pasti bagi orang Indonesia saat ini, istilah Nusantara digunakan untuk menggambarkan wilayah kepulauan Indonesia. Jadi dengan kata lain, Nuswantara merupakan sinonim dari Indonesia.

Blusukan Nuswantara merupakan catatan perjalanan saya selama berkunjung ke beberapa wilayah di Indonesia. Mengenal lebih dekat Indonesia apa adanya. Sebuah catatan tentang Indonesia dan manusianya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar