Kamis, 07 Januari 2016

Kisah Sunyi dari Kampung Wimro yang Sepi


pabrik udang Jayanti yang dulu pernah jaya

Wimro, kampung kecil yang berada di seberang RKI tujuan kami selanjutnya. Beda dengan RKI, Wimro cukup sepi. Tak nampak jajaran kapal yang tertambat di jetty. Tak ada warung atau kios di dekat jetty, hanya terlihat beberapa rumah berdinding kayu kusam saja. Sepanjang jalan kampung yang kami lewati hanya tampak beberapa warga siang itu.


Sepi begitulah kesan pertamaku datang ke kampung Wimro. Namun siapa sangka, dalam sepinya kampung ini menyimpan banyak kisah. Dimulai dari berdirinya pabrik pengolahan udang milik Jayanti Group, perusahaan milik keluarga Cendana yang punya beberapa unit usaha di Papua. Melimpahnya udang di perairan Wimro menjadi daya tarik bagi Jayanti Group untuk mendirikan pabrik di tempat ini. Tahun 90an adalah tahun kejayaan Jayanti. Banyak orang dari luar pulau berdatangan, mencoba mengadu nasib di Jayanti.

Dimulai dari pembangunan mess karyawan di sekitar pabrik, kemudian berkembang perumahan di sekitar pabrik. Akhirnya terbentuklah perkampungan yang cukup padat di Wimro. Katanya dulu kampung ini begitu ramai, mirip seperti kota kecil. Orang-orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air memadati kampung kecil ini. Bagi pekerja yang sudah berkeluarga dan memiliki modal cukup biasanya akan meninggalkan mess dan membangun rumah di kampung.

barak yang terbengkalai
Siang begitu terik, rasanya agak malas keliling buat cari responden. Apalagi siang hari biasanya warga bekerja di pabrik. Meski sempat berhenti operasi pada awal tahun 2000-an, pada tahun 2013 pabrik udang ini kembali dihidupkan dan dikelola oleh PT Timika Samudera dengan merekrut warga sekitar sebagai pekerja. Meski demikian, dikabarkan pabrik udang itu akan tutup beberapa bulan lagi. Alasannya adalah karena adanya konflik dengan warga lokal pemilik tanah adat.

Sorenya setelah kira-kira warga yang bekerja sudah pulang, baru kami keliling. Tibalah aku di rumah seorang perempuan paruh baya. Wawancara memang tidak berlangsung lama, tapi ngobrolnya yang lama. Dia pun cerita banyak hal awal mula bisa berada di kampung hingga bertemu dengan suaminya. Sama seperti ribuan orang lain, si ibu datang ke Wimro lantaran ingin bekerja di pabrik udang Jayanti. Di awal masa kerjanya dia tinggal di mess bersama pekerja lainnya. Mess pekerja laki-laki dipisah dengan perempuan. “Terjebak” di sebuah kampung kecil di pelosok Papua dalam waktu yang lama membuat sering terjadi cinlok diantara mereka yang kebanyakan masih lajang. Menariknya daerah asal para pekerja cukup beragam, ada yang dari Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua sendiri. Pada akhirnya mereka dipersatukan di kampung kecil ini.

Bermacam cara dilakukan untuk tebar-tebar pesona untuk menggaet pasangan, seperti yang dilakukan suami si Ibu dulu. Hampir tiap hari dia menyambangi mess perempuan untuk bertemu dengan perempuan pujaannya itu. Begitu juga dengan para pekerja laki-laki lainnya. Katanya tiap malam minggu apel massal terjadi di mess pekerja perempuan. Bisa dibayangkan betapa ramainya kampung kecil seperti Wimro ini ketika malam minggu. Tapi mau malem mingguan ke mana kalau berada di kampung kecil terkepung hutan dan sungai? Justru itu masih banyak tempat sepinya di sini, mulai dari keremangan di sudut-sudut jetty hingga belantara belakang kampung yang tersembunyi.

Kenangan itulah yang si ibu ceritakan, dulu waktu dia dan almarhum suaminya masih muda. Beberapa tahun yang lalu suaminya meninggal dunia karena suatu penyakit. Kini dia hanya tinggal sendiri di rumah sambil buka warung untuk menyambung hidup dan sekadar mengusir sepi. 

33 komentar:

  1. Terima kasih mas Arief,tulisan sampeyan mengingatkan saya pernah menjadi penghuni Wimro sktr th.1997-2000, dulu sy karyawan di PT Bintuni Mina Raya Djajanti Group,saya crew kapal trawl pencari udang,di Wimro adalah awal saya bekerja,awal saya menikmati jerih payah saya sendiri.
    Selepas tamat STM di Tegal, saya ditawari saudara yg menjadi capt.kapal di PT BMR,dengan yakin saya berangkat ke Wimro via kapal cargo DG yaitu MV Setia Indah kalau gk salah..,sebagai pengerat silaturahmi ex Wimro, saya membuat grup Wimro di Facebook, alhamdulillah antusias teman2 luar biasa..,terima kasih sekali lagi mas Arief, semoga senantiasa Allah swt membimbing anda menghasilkan tulisan yg bermanfaat...salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas kheron setiadin ,orang tua sy juga pernah bekerja di wimbro dan dlu sy bersekolah d rki .orang tua sy sebagai ahli mesin kl tidak slh mentiniratau pendingin palka ,rmh orang tua sy bersebelhan dengan rmh bos ating yg gendut dan mr tang

      Hapus
    2. Maaf kak, klu noleh tahu kakak dlu tinggal di mna wimro

      Hapus
    3. Trimakasih juga mas arif..jd inget wkt diwimro th 99/2001 oiler kapal djarma 7 kapt aziz dan kapal babo 1 kang carito kaloga salah...salam semua

      Hapus
  2. Terima kasih mas Arief,tulisan sampeyan mengingatkan saya pernah menjadi penghuni Wimro sktr th.1997-2000, dulu sy karyawan di PT Bintuni Mina Raya Djajanti Group,saya crew kapal trawl pencari udang,di Wimro adalah awal saya bekerja,awal saya menikmati jerih payah saya sendiri.
    Selepas tamat STM di Tegal, saya ditawari saudara yg menjadi capt.kapal di PT BMR,dengan yakin saya berangkat ke Wimro via kapal cargo DG yaitu MV Setia Indah kalau gk salah..,sebagai pengerat silaturahmi ex Wimro, saya membuat grup Wimro di Facebook, alhamdulillah antusias teman2 luar biasa..,terima kasih sekali lagi mas Arief, semoga senantiasa Allah swt membimbing anda menghasilkan tulisan yg bermanfaat...salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih Pak Kheron.
      Wah.. ternyata dibaca juga sama ex karyawan Djajanti (baru tau kalo nama lengkap perusahaannya itu). Grup FB nya lumayan banyak anggota ya, foto Wimro dari udaranya juga bagus.. hehe.
      Kalo saya dulu jadi penghuni Wimro selama seminggu di akhir tahun 2013.

      Hapus
    2. Kalau berkenan,barangkali ada spot wimro yg bisa njenengan share ke grup Wimro,dengan senang hati saya menerimanya,heheee..
      Btw ibu teman saya masih ada disana, mak Ijah,beliau asli Banyuwangi,dulu tempat kami nongkrong,beliau sy anggap mama angkat sy di Wimro

      Hapus
    3. Kalau berkenan,barangkali ada spot wimro yg bisa njenengan share ke grup Wimro,dengan senang hati saya menerimanya,heheee..
      Btw ibu teman saya masih ada disana, mak Ijah,beliau asli Banyuwangi,dulu tempat kami nongkrong,beliau sy anggap mama angkat sy di Wimro

      Hapus
    4. oh mak ijah ya, kynya sy pernah ketemu tapi agak lupa.. hehe
      Boleh pak, nanti sy coba share ke grup Wimro.

      Hapus
    5. Terimakasih mas dulu saya pernah bekerja d situ thn 94 smpai 98 ga pernah pulang senang sekali rasanya,aku dari Rembang Jawa tengah

      Hapus
    6. Wah terimakasih mas sudah share ceritanya. Meski belum pernah tinggal di wimro, tapi orgtua sy dulu kerja disana lama dr taun 90an trs dr taun 20an dibuka lagi jg balik kesana. Kalau boleh tau nama grup Fb nya untuk eks pekerja djajanti apa ya mas. Utk menyambung silaturahmi, soalnya orgtua menanyakan.

      Hapus
  3. Membaca artikel ini takala lht film tentang kapal,langsung saja ingatan ingat ke tahun 1998 dimana saya pernah merasakan tinggal dan bekerja di beberapa kapal trawl udang, yang waktu itu masih bener-bener belia yang ga punya rasa takut meskipun merantau dari jawa tengah tepatnys Banyumas.Masih ingat jelas waktu jadi seorang oiler di kapal wimro 7,kapal kokonao, jg kapal kokas,Dari artikel yg ditulis diatas berarti skg ini wimro camp tinggal sebuah cerita mungkin mas kheron setiadin g jauh beda masa krja di wimro, klo saya waktu itu plg cuti thn 2000 di rumah sebulan balik lg 3 bln plg karena ada kabar duka di rumah selepas itu saya g pernah balik lg ke wimro sorong padahal sesekali pengin main bagaimana kabar teman2 yang dulu pernah kerja bareng waktu di ujung timur indonesia papua tepatnya di wimro camp.terima kasih mas Arief jd ingat lembaran kerja masa lalu kurang lebih sdh 17 tahun yg lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah bekerja di pt wimro tahun 1998 walau hanya sebentar...

      Hapus
  4. Terima kasih tulisanya,banyak kenangan di sana,

    BalasHapus
  5. Sebagai abk kapal kayu log di kampung aroba, saya sering singgah di kampung RKI untuk belanja di kios dekat jeti milik ibu kepala sekolah SD.

    BalasHapus
  6. Terimakasih pak arup..telah mengingatkañ aku tentang kampung wimeo yg penuh kenangan..walau hanya sebentar aku juga pernah menjadi karyawan pt wimro...bagian prosesing sima..tahun 98 sekali lagi pak arif...selalu sukses...

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. mas kheron setiadin ,orang tua sy juga pernah bekerja di wimbro dan dlu sy bersekolah d rki .orang tua sy sebagai ahli mesin kl tidak slh mentiniratau pendingin palka ,rmh orang tua sy bersebelhan dengan rmh bos ating yg gendut dan mr tang

    BalasHapus
  9. Saya jg pernah main ke wimbro tahun 2000,waktu itu saya kerja di swamil kelapa dua,kalau bs kasih foto jg swamil kelapa dua soalnya sdh kangen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya juga prnah di babo sawmil yg bawa forklif kecelakaan th 97 akir pas bln puasa

      Hapus
  10. Saya pernah krj di wimro wkt itu di PT. TIMIKA SAMUDERA di bagian administrasi workshop tinggal di lorong 2. Saya di sana karena mantan suami saya selingkuh dengan orang processing EVA RENTALAN makanya saya menyusul dan terdampar di sana.

    BalasHapus
  11. Trimakasih artikelnya saya pernah bawa forklif 2.5 nissan bagian angkat udang ke processing saya berhenti kerja rh 2001

    BalasHapus
  12. Jadi ke ingat mbak kesi lagi nih,salam buat eks ABK kapal2 km Benjina & kokas

    BalasHapus
  13. Salam knal saja dr aq,,, eks km kokas 15 thn 1996,,jd ingin kmbli ke wimro lg,, bnyk knangan suka duka diwimro,, sumpah sdih bngt kli dngr kata WIMRO.. Trmaksh

    BalasHapus
  14. Oh ya lupa,, aq iwan orang pemalang jateng

    BalasHapus
  15. Kangen masa di wimro th 1997 - 2002 saya yg buat hotel di sana.

    BalasHapus
  16. Ada nggak foto mess arwana, kangen masa sekolah di sana��

    BalasHapus
  17. Saya juga ingat wimbro waktu kerja d kpl dan pertamina th 2000

    BalasHapus
  18. Wah bapaku juga pernah bekerja disana dr 1992 sd 2004.
    Saya tinggal disana 7 thn bersekolah sd di RKI. terimakasih mas ulasanya. S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas. Terima kasih juga atas kunjungan di artikel ini.
      Mantab.. berarti setiap sekolah harus nyebrang ke RKI.. hehe

      Hapus